Jumat, 16 Desember 2011

refleksi diri kelompok 5 dan 6


KELOMPOK 5:
Lingkungan Biotik & Abiotik
Tanah adalah lapisan permukaan bumi yang secara fisik berfungsi sebagai tempat tumbuh & berkembangnya perakaran penopang tegak tumbuhnya tanaman dan menyuplai kebutuhan air dan udara.
Beberapa Sifat Kimia Tanah antara lain :
  1. Derajat Kemasaman Tanah (pH)
b.   C-Organik       
  1. N-Total
  2. Pupuk
  3. Air Hujan
  4. P-Bray
  5. Kalium (K)
  6. Natrium (Na)
  7. Kalsium (Ca)
  8. Magnesium (Mg)
  9. Kapasitas Tukar Kation (KTK)
L.    Kejenuhan Basa (KB)

Profil tanah merupakan suatu kumpulan barbagai macam lapisan tanah. Tanah tersusun oleh lapisan-lapisan yang disebut horizon tanah
Diskusi pada pertanyaan: apakah mikroorganisme berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman pada tanah, dan apakah semakin dalam tanah semakin subur? Jawabannya jelas mikroorganisme yang ada dalam tanah berpengaruh seperti azotobacter dan rhizobium, dan keadaan tanah yang semakin dalam tidak subur, karena semakin tidak adanya mikroorganisme jadi tidak ada yang berinteraksi untuk kesuburan tanah. 
Kelompok 6:
Populasi 
Populasi merupakan kumpulan individu sejenis yang hidup pada suatu daerah dan waktu tertentu.
Interaksi antarorganisme:
a.     Netral
            Hubungan tidak saling mengganggu antarorganisme dalam habitat yang sama yang bersifat tidak menguntungkan dan tidak merugikan kedua belah pihak, disebut netral. Contohnya : antara capung dan sapi.
b.    Predasi
            Predasi adalah hubungan antara mangsa dan pemangsa (predator). Hubungan ini sangat erat sebab tanpa mangsa, predator tak dapat hidup. Sebaliknya, predator juga berfungsi sebagai pengontrol populasi mangsa. Contoh : Singa dengan mangsanya, yaitu kijang, rusa,dan burung hantu dengan tikus.
c.     Parasitisme
            Parasitisme adalah hubungan antarorganisme yang berbeda spesies, bilasalah satu organisme hidup pada organisme lain dan mengambil makanan dari hospes/inangnya sehingga bersifat merugikan inangnya
d.    Komensalisme
            Komensalisme merupakan hubunganantara dua organisme yang berbeda spesies dalam bentuk kehidupan bersama untuk berbagi sumber makanan; salah satu spesies diuntungkan dan spesies lainnya tidak dirugikan. Contohnya anggrek dengan pohon yang ditumpanginya.
 e.     Mutualisme
            Mutualisme adalah hubungan antara dua organisme yang berbeda spesies yang saling menguntungkan kedua belah pihak. Contoh, bakteri Rhizobium yang hidup pada bintil akar kacang-kacangan.
Bentuk Pertumbuhan Populasi
            Suatu populasi akan mengalami pertumbuhan, apabila laju kelahiran di dalam populasi itu lebih besar dar laju kematian, dengan mengasumsikan bahwa laju emigrasi. Dikenal dua macam bentuk pertumbuhan populasi, yakni bentuk pertumbuhan eksponensial ( dengan bentuk kurva J) dan bentuk pertumbuhan sigmoid (dengan bentuk kurva S)
.


1 komentar: